CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 13 Februari 2008

soal ma jawaban

Soal:

1.jelaskan yang di maksud dengan Planing atau perencanaan serta jelaskan pula Planing Menurut Koontz!
2.Sebutkan Planing menurut pendapat pndapat yang lain yang berhubungan dengan Planing!minimal 4 pendapat.
3.Jelaskan sifat-sifat dari Perencanaan!
4.Sebutkan Tujuan adanya Perencanaan dan syarat dari perencanaan!
5.Sebut dan Jelaskan cara Pendekatan dalam Sebuah Perencanaan!
6.Sebutkan langkah-langkah dalam suatu kegiatan Perencanaan!
7.Jelaskan Hirarki Perencanaan dalam organisasi terdapat beberapa tingkatan yang ditujukan!
8.Apa yang di maksud dengan seorang manager?
9.Jelaskan tugas dari seorang manager?
10.Jelaskan identifikasi dari tugas-tugas seorang manager!
11.Sebut dan jelaskan beberapa keahlian yang harus di miliki oleh seorang manager!
12.Menurut pengamatan Mintzberg,menyimpulkan bahwa manager melakukukan peran-peran (roles) tertentu,yang di bagi dalam tiga(3).Sebutkan ketiganya tersebut!
13.Sebut dan jelaskan Peranan seorang manager berdasarkan peranan hubungan Manusiawi(Interpersonal roles)!
14.Sebut dan jelaskan Peranan seorang manager berdasarkan peranan Informasi(Information roles)!
15.Sebut dan jelaskan Peranan seorang manager berdasarkan peranan Pengambilan Keputusan(Decision roles)!
16.Apakah yang di maksud dengan Manajemen?
17.Jelaskan pula proses manajemen menurut Shermerhom!

Jawaban:
1.Yang di maksud Planing dan planing menurut Koontz
Planing (perencanaan) merupakan langkah awal dari proses manajemen dalam rangka pencapaian tujuan.
Planing Menurut Koontz yang menyatakan bahwa planing involves making,that is choosing from among alternative future courses of action.

2.Identifikasi menurut Pendapat lain tentang Planing:
1)Planing adalah proses membandingkan,menilai,memilih alternatif yang baik dari kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan bersama.
2)Planing adalah proses estimasi kemungkinan yang aka datang.
3)Planing adalah kegiatan yang berdasarkan intelegensi.
4)Planing adalah suatu proses rasional dengan menggunakan fakta-fakta masa lalu dan dugaan masa depan untuk memprediksi masa yang akan datang.
3.Sifat perencanaan mencakup hal:
1)Contribution of objective yaitu perencanaan dilakukan untuk mewujudkan tujuan yang akan di capai.
2)Primary of planing yaitu perencanaan harus di tempatkan pada kedudukan pertama dari suatu proses manajemen.
3)Pervasiveness of planing yaitu perencanaan merupakan dasar manajemen yang berisi tujuan dan cara pencapaianya.
4)Efficiency of planing yaitu perencanaan yang dapat menyebabkan usaha pencapain tujuan yang dilakukan secara efisien.
4.Tujuan perencanaan dan syarat perencanaan.
a)Tujuan Perencanaan
Dapat menanggulangi ketidakpastian masa depan.
Perhatianya harus terfokus pada tujuan
pelaksanaan kegiatan operasional harus ekonomi efisien dan bersifat konsisten
sebagai alat bantu dalam pengendalian
b) Syarat Perencanaan
Faktual dan realistik
logis dan rasional
fleksibel
kontiunitas
5.Pendekatan Perencanaan:
Top Down Planing yaitu perencanaan muncul dari seorang pemimpin
Botton up planing yaitu perencanaan dibuat karena ada ide-ide atau input dari bawahan
goals down plans up planing yaitu ide dari pemimpin dan di input bawahan dan medapatkan sebuah tujuan

6.Langkah-langkah dalam melakukan kegiatan perencanaan:
Menetapkan tujuan yaitu menetapkan hasil yang diharapkan yang menunjukan titik akhir dari apa yang dilakukan dan apa yang harus di capai
mengembangkan premis yaitu asumsi tentang lingkungan dimana rencana akan dijalankan,premis meliputi;peramalan,kebijakan dan rencana perusahaan yang telah ada.
Menentukan alternatif yaitu alternatif tindakan dan pengevaluasikan alternatif yang bersangkutan.
Menerapkan rencana dan mengevaluasikan output yang ada.
7.Hirarki perencanaan dalam organisasi terdapat beberapa tingkatan yang ditujukan sbb:
a)Purpose yaitu maksud dari sebuah perencanaan tersebut
b)mission yaitu arah yang clarity
c)objective yaitu sasaran
d)strategi yaitu siasat untuk mencapai tujuan
e)policy yaitu kebijaksanaan
f)program yaitu rencana
g)procedure yaitu langkah-langkah
h)aturan yaitu rule atau undang-undang
8.Yang di maksud dengan seorang manajer
Seorang manajer adalah Seorang yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
9.Tugas manajer secara umum adalah memecahkan serta mencari jalan keluar dari masalah yang timbul di dalam organisasi
10.Tugas dari seorang manajer adalah sbb:
manajer menanggung beban tanggung jawab
manajer harus mampu menyeimbangkan antara sasaran problema dan kebutuhan yang ada dalam organisasi
manajer harus mampu bekerja sama atau bekerja melalui orang lain
manajer adalah seorang mediator
manajer adalah seorang politikus
manajer adalah seorang diplomat
manajer adalah seorang pengambil keputusan
11.Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu sbb;
Technical skill yaitu kemampuannya untuk menggunakan metode-metode,peralatan dan teknik-teknik dalam menjalankan tugas
Human Skill yaitu kemampuan berkomunikasi,memahami,dan memotivasi orang lain sehingga mereka dapat bekerja dengan baik
Conceptual skill yaitu kemampuan intelegensia,verbal dan kemampuan memandang sebuah organisasi sebagai satu sistem kesatuan
Design skill yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah dengan cara-cara yang menguntungkan perusahaan
12.Menurut Mintberg peran-peran manajer meliputi 3 hal yaitu sbb;
a)Interpersonal roles yaitu peranan hubungan manusiawi
b)Information Roles yaitu peranan informasi
c)Decision roles yaitu peranan pengambilan keputusan

13.Peranan manager berdasarkan peranan hubungan Manusiawi(Interpersonal roles) sbb:
a)The Figurehead role (Peranan figure bapak) yaitu peranan manajer sebagai simbol pimpinan perusahaan
b)The leader role (peranan pimpinan) yaitu peranan manajer diharapkan menjadi pemimpin bagi bawahanya,mulai dari melakukan rekruitment,memberikan pelatihan,dan memotivasikan karyawan,untuk mau berusaha mencapai tujuan perusahaan.
c)The liaison role(peranan penghubung) yaitu manajer menjadi penghubung baik dengan pihak di dalam organisasi maupun dengan pihak di luar organisasi.
14.Peranan manager berdasarkan peranan Informasi(Information roles):
a)The recipient role (monitor),yaitu manajer harus selalu aktif mencari informasi yang dapat bermanfaat bagi organisasi.
b)The disseminator role(penyebar informasi) yaitu manajer harus mendistribusikan informasi yang diperoleh kepada pihak lain,baik dalam organisasi maupun di luar organisasi.
c)The spokesperson role(peranan jurubicara) yaitu manajer sebagai wakil organisasi untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain,baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi
15.Peranan manager berdasarkan peranan Pengambilan Keputusan(Decision roles) Sbb:
a)The enterprencurial role(Kewirausahaan),manajer mengambil keputusan-keputusan penting tentang ide-ide baru yang dapat memajukan organisasinya.
b)The disturbance-handle role(penyelesai gangguan) yaitu manajer di harapkan dapat menyelesaikan gangguan-gangguan terhadap organisasi,misalnya pemogokan kerja karyawan,kelangkaan bahan baku,dsb.
c)The resource-allocator role(peranan pembagi sumber daya) yaitu manajer harus dapatmengalokasikan sumber daya organisasi yang terbatas agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efisien.
d)The negotiator role(peranan perunding) yaitu manajer melakukan negosiasi dengan pihak-pihak tertentu yang berhubungan dengan organisasi,misalnya negosiasi dengan serikat pekerja.
16.yang di maksud dengan Manajemen adalah Sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
17.Proses manajemen menurut Shermerhom Sbb:
a)Planing (perencanaan) yaitu meliputi pemilihan misi dan tujuan organisasi serta cara terbaik untuk mencapainya
b)Organizing(Pengorganisasian) yaitu proses mambagi pekerjaan,mengalokasikan sumber daya,dan pengaturan serta koordibasi aktivitas anggota organisasi untuk melaksanakan rencana.
c)Leading (Kepemimpinan) yaitu mempengaruhi anggota organisasi agar mereka memberikan kontribusi terhadap tujuan kelompok dan organisasi
d)Controling(Pengendalian) yaitu pengukuran dan pengkoreksian untuk kerja individu dan organisasi

0 comments: